Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Radiasi HP, BAHAYA ! Benarkah ?

paparan radiasi hp
images on idntimes

Ketergantungan pengguna handphone alias HP semakin tinggi seiring peningkatan penjualan produk setiap tahunnya. Akan tetapi, bahaya radiasi HP yang dapat menyebabkan resiko kesehatan semakin banyak dipertanyakan. Mengingat benda tersebut susah dipisahkan dari keseharian manusia. Jadi ada baiknya untuk Teman Baca perlu juga yah memperhatikan dengan seksama resiko tersebut.

Memang paparan terhadap radiasi sampai saat ini juga masih dalam perdebatan dan belum menemukan bukti kongkrit yang ilmiah untuk memastikan bahwa radiasi dapat membahayakan bagi manusia. Tetapi dilansir dari berbagai sumber, 70% menyatakan efek radiasi yang dapat dibuktikan adalah peningkatan suhu panas pada bagian tubuh ( misalnya kepala dan telinga ) yang dekat dengan hp saat digunakan. Walau dinyatakan aman, namun jika Teman Baca menggunakan secara terus menerus tanpa ada batas waktu, radiasi yang dipancarkan akan menyebabkan berbagai masalah lho.

Perkiraan alasan utama bahaya radiasi HP yang dinilai dapat memicu bahaya untuk manusia, yaitu radiasi yang dihasilkan, HP mengeluarkan energi frekuensi radio berbentuk radiasi gelombang elektromagnetik (non-ionisasi). Gelombang jenis ini memungkinkan bisa diserap oleh jaringan tubuh yang dekat dengan alat komunikasi tersebut. Efek paparan gelombang radiasi dari HP tersebut tergantung pada banyak faktor, mulai dari jenis teknologi hp tersebut yang digunakan, seberapa sering digunakan, jenis penggunaan, dan jarak HP dengan menara telekomunikasi.

Radiasi HP, Bahaya! Tidak di Dukung Bukti Ilmiah

Teman Baca, memang ada sebuah kelompok penelitian melaporkan, bahwa terjadi peningkatan risiko tumor otak / kanker pada sisi kepala yang banyak digunakan untuk menelepon. Meski demikian, sulit untuk memastikan hal tersebut. Hal ini dikarenakan masih banyak penelitian lain yang muncul dengan hasil yang berbeda.

images on saintif.com

Namun, sebagian peneliti mencurigai adanya risiko lebih tinggi pada anak-anak dari radiasi yang dihasilkan HP, jika dibandingkan dengan orang tua. Hal ini disebabkan penyerapan radiasi yang lebih tinggi pada anak karena beberapa faktor, seperti jaringan otak, tengkorak kepala dan ukuran tubuh yang berbeda. Demikian juga janin yang dianggap lebih rentan terhadap paparan radiasi terutama pada otak

Oleh karena itu, beberapa negara memberikan peringatan khusus mengenai penggunaan HP dan perangkat elektronik nirkabel lain untuk anak-anak, yaitu jarak penggunaan HP dan perangkat nirkabel yang ditetapkan minimal 20 cm dari tubuh anak-anak.

🔊 Kenali Bahaya Radiasi HP

Sering Sakit Kepala

Teman Baca sering sakit kepala bahkan vertigo (merasa diri dan sekeliling berputar-putar), bisa jadi itu disebabkan oleh smartphone yang sering di letakkan terlalu dekat dengan kepala. Energi negatif RF akan terkumpul dan mudah masuk ke otak kamu sehingga juga dapat menyebabkan muntah-muntah.

Memicu Kerusakan Otak

Kerusakan otak adalah bahaya radiasi smartphone paling klasik yang diderita hampir oleh seluruh manusia. Gelombang elektromagnetik pada smartphone mengandung radiasi yang kuat, dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak. Jika digunakan terus menerus, bisa menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma.

Memicu Penyakit Katarak

Apabila mata terus menerus melakukan kontak dengan suhu panas radiasi pada smartphone, akan terjadi pemadatan kabut secara perlahan yang kemudian menghalangi kornea dan membentuk katarak. Sebaiknya bro/sist juga tidak meletakkan smartphone terlalu dekat dengan telinga terlalu lama, karena radiasi akan masuk ke rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah di sekitar mata.

Mudah Lelah, namun Sulit untuk Tidur

Radiasi yang terpancar karena penggunaan smartphone yang berjam-jam menyebabkan saraf-saraf sekitar kepala dan wajah menjadi tegang, aliran darah tersendat-sendat. Tubuh akan terasa mudah lelah dan kekurangan energi karena kurangnya cairan tubuh. Ketika ingin beristirahat, terasa gelisah yang berlebihan sehingga sulit untuk tidur.

Mengganggu Janin pada Ibu Hamil

Ketika sedang hamil, sebaiknya Teman Baca tidak berlebihan dalam menggunakan smartphone. Hindari juga meletakkan smartphone terlalu dekat dengan perut dan rahim. Sebab radiasi menembus jaringan janin dan langsung mempengaruhi kenormalan organ tubuh janin yang sedang terbentuk. 

Memicu Kanker Payudara

Menyimpan smartphone yang dalam keadaan aktif di dalam saku dada dapat memicu kanker payudara. Radiasi akan menembus jaringan kelenjar susu dan memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara. Ini tidak terjadi secara langsung, tetapi akan terakumulasi selama betahun tahun, kemudian mengaktifkan sel kanker dan mempercepat munculnya kanker payudara.

Menurunkan Kesuburan Pria

Kebiasaan pria menyimpan smartphone di saku juga mempengaruhi kesuburan pria. Radiasi smartphone dapat mengganggu kelancaran peredaran darah di sekitar alat reproduksi pria dan mampu menurunkan kualitas sperma. Cepat atau lambat, gairah seksual akan terus menurun. Jika kebiasaan tidak dikurangi, pria yang sehat pun dapat terancam mandul.

Bagaimana Cara Meminimalkan Paparan Radiasi HP

Hingga kini, penelitian terus dilakukan tentang kemungkinan bahaya radiasi HP sebagai pemicu kanker. Meski belum dapat dibuktikan, tidak ada salahnya jika bro/sist mencoba meminimalkan paparan radiasi dengan membatasi penggunaan HP. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain :

  • Menempelkan Stiker Anti Radiasi pada HP. ( kamu tinggal search sendiri yah, sudah banyak kok seller-seller yang menawarkan stiker radiasi )
  • Gunakan HP seperlunya dan membatasi memainkan HP terutama saat berinteraksi dengan orang lain. Ketika sedang menelepon, sebaiknya gunakan alat tambahan seperti hands-free atau speaker untuk menjaga jarak ponsel Anda dengan kulit kepala.
  • Ketika Teman Baca sedang menggunakan layanan streaming atau mengunduh file besar, maka jauhkan HP tersebut dari tubuh kamu yah.
  • Saat berpergian, disarankan agar meletakkan HP di dalam tas dan jangan letakkan HP di saku celana atau baju. Hal itu karena antena ponsel Anda tetap terhubung dan memancarkan energi radio frequency (RF), meski Teman Baca sedang tidak menggunakannya.
Selain itu, hal yang paling pentingnya lagi adalah kurangi paparan radiasi HP terhadap anak-anak. Beri mereka batasan dalam menggunakan HP, untuk menekan resiko kesehatan yang terjadi dan juga mencegah menggunakan HP berlebihan.

Kemajuan teknologi HP semakin banyak membantu beragam aktivitas. Namun, disarankan tetap menggunakan HP secara tidak berlebihan, untuk menekan risiko bahaya radiasi HP yang dapat memicu gangguan kesehatan

Deri WJ
Deri WJ Driver Ojek Online yang Lagi Excited Dibidang Content Writer, Digital Marketing Content. Interested in Teknologi Informasi dan IT.

Posting Komentar untuk "Radiasi HP, BAHAYA ! Benarkah ?"