Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi Video Dan Foto Yang Tidak Muncul Di Galeri Smartphone

Hai Teman Baca! Sebenarnya banyak sekali cara untuk mengatasi Video Dan Foto Yang Tidak Muncul Di Galeri, Walaupun sepele tetapi ini memudahkan dan mempercepat kita dalam hal melihat Foto dan Video. Pada dasarnya Galeri dibuat untuk mempermudah kita melihat Video dan Foto di ponsel. Galeri akan memuat semua File yang berkaitan dengan Media. Baik itu Gambar ataupun Video.

Cara Mengatasi Video Dan Foto Yang Tidak Muncul Di Galeri

Masalah kecil seperti ini bisa penting disaat kamu sehabis memotret tidak akan bisa melihat foto yang barusan kita potret tidak bisa dilihat secara langsung. Atau yang lebih parahnya lagi terjadi error atau ngeblank.

Dan dicari-cari di file manager secara mendalam masih belum muncul. Masalah umum seperti ini bisa saja muncul di semua merek brand seperti Galeri Xiomai, Galeri Samsung, Galeri Oppo ataupun Galeri Vivo. Semua merek pasti pernah yang mengalami hal seperti itu.

Seperti yang kita tahu Android membutuhkan waktu untuk memproses Foto Dan Video baik itu didownload, memotret langsung untuk ditampilkan secara langsung jadi mungkin saja dalam hal proses terjadi error di perangkat, Atau bisa jadi Aplikasi Galerinya yang rusak.

Tapi tenang tak perlu panik, mediabaca.web.id akan kasih solusinya dan kamu pasti bisa mengatasi hal ini. Yang penting baca secata teliti dan praktekan secara mendetail. Caranya seperti apa saja? langsung saja sebagai berikut ini.

Cara Mengatasi Video Dan Foto Yang Tidak Muncul Di Galeri Smartphone

1. Memulai Ulang Perangkat Smartphone

Untuk langkah pertama coba dahulu mematikan Smartphone , Cara ini terbukti ampuh dikarenakan android akan memulai ulang semua program didalamnya. Semua aplikasi didalamnya akan otomatis mati dan dihidupkan kembali sehingga Smartphone akan memindai ulang file-file didalamnya.

2. Mencopot Dan Memasang Ulang Kartu SD

Jika kamu menyimpan foto dan video di Kartu SD atau Memori Eksternal alangkah baiknya di copot dan pasang kembali Kartu SD. Agar sistem android memindai ulang semua file di Kartu SD. Masalah ini memang juga sering di alami oleh pengguna smartphone.

3. Menghapus Cache Di Aplikasi Galeri

Cara ketiga yaitu dengan menghapus Cache pada galeri, baik itu galeri bawaan, Google Photo atau aplikasi galeri lainnya. Cache yang menumpuk bisa jadi masalah untuk menghambat proses dalam pemindaian Foto Dan Video sehingga tidak tampil di Galeri.

4. Menampilkan File Tersembunyi

Cara keempat yaitu menampilkan file tersembunyi, bisa saja file yang selama ini kamu cari tanpa sengaja tersembunyi. Untuk cara menampilkannya secara mudah tinggal sambungkan saja perangkat kamu dengan PC. Dan baca semua isi perangkat menggunakan PC. Semua file tersembunyi akan tampil secara jelas di PC.

5. Memulihkan File 

Jika filenya tidak tersembunyi bisa jadi terhapus oleh perangkat. Karena dalam beberapa kasus virus di perangkat bisa menghapus file foto dan video. Untuk memulihkan file yang terhapus bisa menggunakan perangkat lunak EaseUS Data Recovery Wizard atau perangkat lunak lainnya yang mempunyai fungsi sama.

6. Memindahkan File Media ke Memori Internal

Dibeberapa perangkat File media baik itu Gambar atau Video yang tersimpan di Kartu SD tidak bisa menampilkannya di Galeri. Dan untuk mengatasi hal itu kamu buka File Manager, cari foto dan video dan pindahkan ke  Memori Internal.

7. Menggunakan QuickPic

Diurutan ketujuh merupakan Aplikasi yang sama, yaitu aplikasi Galeri pihak ketiga. Aplikasi QuickPic ini membaca hampir semua format yang berkaitan dengan Media. Aplikasi ini juga mampu menampilkan Foto Dan Video tersembunyi yang tidak tampil di Galeri bawaan. Untuk aplikasinya sendiri bisa kamu download secara gratis di Playstore.

8. Install Aplikasi Antivirus

Kedelapan adalah kemungkinan terkecil yang terjadi diperangkat kamu. Walau sepele Virus pada smartphone bisa menghapus file baik itu media atau file lainnya. Bahkan ada Virus yang merusak file tersebut sehingga tidak terbaca di perangkat. Install aplikasi Antivirus terpercaya di Playstore dan scan virus diperangkat.

9. Hapus File .Nomedia

Bisa jadi tidak tampil karena hal ini. Untuk cara menghapusnya dengan download ES File manager. Install dan buka aplikasi, Setelah itu di kolom pencarian ketik (.nomedia) jika tampil file tersebut segera hapus.

10. Membuka Memori menggunakan Komputer

Cara terakhir adalah menggunakan Komputer, Sambungkan perangkat dengan komputer setelah itu ingat-ingat Foto atau Video yang terhapus, kamu letakkan dibagian mana. Jika ingat coba buka foldernya. Karena komputer mampu membaca file tersembunyi maupun format yang tidak didukung perangkat smartphone.

Nah Teman Baca, demikian 10 Cara Mengatasi Video dan Foto yang tidak muncul di galeri, semoga bermanfaat yah.
Deri WJ
Deri WJ Driver oJek Online yang Lagi Excited Dibidang Content Writer and CopyWriting || Internet Marketer Enthusiast and Digital Printing

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Video Dan Foto Yang Tidak Muncul Di Galeri Smartphone"