Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Bisa Memotret

Hai Teman Baca! Kamera HP tidak bisa memotret padahal sudah di klik berkali-kali? tenang ada solusinya. Masalah pada kamera HP memang cukup beragam, Namun masalah tidak bisa memotret merupakan masalah yang paling sering dijumpai pengguna smartphone.

Kamera HP sendiri memang menjadi komponen cukup penting di smartphone. Apalagi untuk kebutuhan fotografi seperti memotret atau merekam video.

Tak hanya itu saja peranan kamera HP saat ini cukup beragam dan beberapa aplikasi membutuhkan komponen kamera yang cukup penting di smartphone ini.

Kamera HP tidak bisa memotret

Misalnya saja untuk scan barcode. Dimana kamera HP akan cukup membantu jika saat dibutuhkan untuk scan barcode. Dan beberapa aplikasi lain seperti Whatsapp juga membutuhkan kamera untuk kebutuhan story WA.

Kamera HP Tidak Bisa Memotret

Kamera HP yang tidak bisa memotret akan menjadi masalah tersendiri ketika kita membutuhkan kamera. Dimana aktivitas kita menggunakan Smartphone akan cukup terganggu jika komponen kamera pada HP tidak bisa memotret.

Apalagi beberapa aplikasi juga membutuhkan komponen yang cukup penting di smartphone ini. Apabila kamera HP tidak bisa memotret karena mengalami kerusakan serius maka kamu hanya bisa memperbaiki dengan membawanya ke tukang service.

Tapi kamu jangan buru-buru langsung membawanya ke tukang service. Karena saya ada sedikit tips dan trik mengatasi kamera HP tidak bisa memotret.

Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Bisa Memotret

Ada beberapa cara yang bisa Teman Baca coba ketika kamera HP tidak bisa memotret. Untuk cara-caranya sebagai berikut.

1. Pastikan Memori Penyimpanan Tidak Penuh

Penyebab yang sering ditemui pengguna ketika kamera HP tidak bisa memotret yaitu memori penuh. Dimana penyebab ini memang sering terjadi karena pengguna biasanya tidak tahu bahwa memori penuh.

Sehingga hal ini menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa berjalan optimal terutama kamera. Jika memang memori penuh, Maka kamu perlu menghapus beberapa file dan jika sudah tersisa ruang di memori, Maka kamu bisa memotret dengan kamera HP seperti biasa.

2. Paksa Berhenti Aplikasi

Coba untuk memberhentikan paksa aplikasi jika masih belum bisa digunakan untuk memotret. kamu bisa masuk ke pengaturan > manajamen aplikasi > kamera dan kemudian klik paksa berhenti. Nantinya kamu bisa buka lagi dan coba aplikasi kamera hp lagi.

3. Hapus Data Aplikasi

Kamera tidak bisa memotret kemungkinan karena terjadi error. Mungkin saja ada beberapa data yang bermasalah dan menyebabkan error. kamu bisa menghapus data aplikasi kamera untuk mengatasinya. Cara hapus data cukup mudah yaitu kamu perlu masuk ke pengaturan > Apps > Kamera > penyimpanan dan pilih opsi hapus data. Nantinya data akan terhapus dan kamu bisa test kembali.

4. Restart HP

Jika kamera HP tidak bisa memotret, kamu bisa mencoba restart HP. Mungkin saja sistem HP sedang mengalami error, Sehingga berdampak pada beberapa aplikasi terutama kamera HP. kamu bisa restart dan coba kembali jika sudah.

5. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Cara terakhir yaitu kembalikan ke pengaturan pabrik. Hal ini cukup beresiko dan semua data otomatis hilang jika dilakukan reset ke pengaturan pabrik. Jadi Teman Baca perlu backup data jika ingin mencoba cara ini supaya data penting kamu masih tetap aman.

Kelima cara mengatasi kamera HP tidak bisa memotret diatas memang langkah awal sebelum membawanya ke tukang service. Karena cara diatas juga cukup efektif mengatasi masalah ini.
Deri WJ
Deri WJ Driver oJek Online yang Lagi Excited Dibidang Content Writer and CopyWriting || Internet Marketer Enthusiast and Digital Printing

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Bisa Memotret"